Senin, 28 Maret 2011

matoa

Matoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Matoa
Matoa dengan buah yang belum masak
Matoa dengan buah
yang belum masak
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Pometia
Spesies: P. pinnata
Nama binomial
Pometia pinnata
Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman khas Papua, termasuk ke dalam famili Sapindaceae. Pohon matoa dapat tumbuh tinggi dan memiliki kayu yang cukup keras. Rasa buahnya adalah campuran antara rambutan, durian, dan kelengkeng. Buahnya berbentuk lonjong dan seukuran buah pinang (keluarga Palem), ketika muda berwarna hijau dan setelah matang berwarna hijau kekuningan.
Tumbuhan ini adalah flora identitas Provinsi Papua Barat. Di Papua, pohon matoa bisa tumbuh sampai dengan diameter pelukan tiga orang dewasa.

[sunting] Perkembangbiakan

Tanaman ini mudah diperbanyak/dikembangbiakkan melalui biji, dan cara lain seperti cangkok serta okulasi. Matoa tumbuh di daerah yang sejuk atau dengan kata lain lebih mudah tumbuh di daerah dataran tinggi, meskipun dapat pula tumbuh di dataran rendah.

Rambutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Rambutan
Rambutan
Rambutan
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Nephelium
Spesies: N. lappaceum
Nama binomial
Nephelium lappaceum
L.
Buah Rambutan
Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.
Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.
;) >_< yammm.....

[sunting] Pemerian botani

Pohon hijau abadi, menyukai suhu tropika hangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dapat mencapai 8m namun biasanya tajuknya melebar hingga jari-jari 4m. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbentuk bulat telur, dengan variasi tergantung umur, posisi pada pohon, dan ras lokal.
Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan bersemi (flushing) menghasilkan cabang dan daun baru. Tahap ini sangat jelas teramati dengan warna pohon yang hijau muda karena didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan ini akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh.

[sunting] Pembungaan dan bunga

Tumbuhan ini menghasilkan bunga setelah 7 tahun jika ditanam dari biji, namun pada usia 2 tahun sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif. Rambutan biasanya berumah dua, tetapi bersifat androdioecious, ada tumbuhan jantan dan tumbuhan banci. Tumbuhan jantan tidak pernah bisa menghasilkan buah.
Pembungaan rambutan dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan pertumbuhan vegetatif dan merangsang pembentukan bunga. Di daerah Sumatera bagian utara, yang tidak mengenal musim kemarau rambutan dapat menghasilkan buah dua kali dalam setahun. Di tempat lain, bunga muncul biasanya setelah masa kering 3 bulan (di Jawa dan Kalimantan biasanya pada bulan Oktober dan November).
Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dengan ukuran satuan bunga berdiameter 5mm atau bahkan lebih kecil. Bunga jantan tidak menghasilkan putik. Tumbuhan banci yang baru berbunga biasanya menghasilkan bunga jantan, baru kemudian diikuti dengan bunga dengan alat betina (putik). Bunga banci (hermafrodit) memiliki benang sari yang fungsional dan memiliki dua bakal buah, meskipun jika terjadi pembuahan hanya satu yang biasanya berkembang hingga matang, sementara yang lainnya tereduksi. Penyerbukan dilakukan oleh berbagai jenis lebah, namun yang paling sering hadir adalah Trigona, lebah kecil tanpa sengat berukuran sebesar lalat. Di berbagai apiari, bunga rambutan juga menjadi sumber utama nektar bagi lebah peliharaan.

[sunting] Buah

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki "rambut" di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi "daging". Bagian buah yang dimakan, "daging buah", sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas ("rambutan ace"/ngelotok).
Pohon dengan buah masak sangat menarik perhatian karena biasanya rambutan sangat banyak menghasilkan buah. Jika pertumbuhan musiman, buah masak pada bulan Maret hingga Mei, dikenal sebagai "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.

[sunting] Varietas rambutan

Rambutan yang terbelah
Buah rambutan
Perbaikan varietas yang dilakukan di Indonesia dan sejumlah negara lain hingga saat ini dilakukan oleh lembaga penelitian milik pemerintah. Di Indonesia, Balai Penelitian Buah Solok yang melakukan tugas ini. Pola perbaikan yang diterapkan hingga saat ini adalah seleksi dari plasma nutfah yang tumbuh di berbagai pusat keanekaragaman di Indonesia, terutama di Sumatera, Kalimantan, serta Jawa. Lembaga di Malaysia yang melakukan perbaikan kultivar adalah MARDI.
Varietas unggul rambutan yang sudah dilepas Departemen Pertanian Republik Indonesia hingga 2005 adalah
1. 'Rapiah' dari Pasarminggu,
2. 'Bahrang' dari Langkat,
3. 'Lebakbulus' dari Pasarminggu,
4. 'Sibatuk Ganal' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
5. 'Nona' dari Kampar, Riau,
6. 'Binjai' dari Pasarminggu
7. 'Antalagi' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
8. 'Sibongkok' dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan,
9. 'Garuda' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
10.'Tangkue Lebak' dari Kecamatan Maja, Kalimantan Selatan,
11.'Narmada' dari NTB,
12.'Kundur' dari Riau
Selain itu, dikenal pula beberapa ras lokal yang juga dikenal baik untuk keperluan terntentu, seperti 'Sinyonya' dan 'Sitangkue' yang dianjurkan untuk digunakan sebagai batang bawah dalam okulasi.

Lici

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Lici
Lici yang sudah matang.
Lici yang sudah matang.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Rosids
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Litchi
Sonn.
Spesies: L. chinensis
Nama binomial
Litchi chinensis
Sonn.
Lici [1] adalah buah-buahan dari genus Litchi dari famili lerak-lerakan Sapindaceae. Pohon lici tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Cina, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah ini berbau wangi dan manis.

[sunting] Catatan kaki

  1. ^ Ejaan baku menurut KBBI IV. Variasi ejaan lain: leci, laici, laichi, lichu

laut yang terhimpit

ini beberapa laut yang dapat u kunjungi...

Laut Mati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Mati
Laut Mati - Pemandangan dari sisi Israel diseberang Yordania
Pemandangan dari sisi Israel diseberang Yordania
Koordinat 31°20′N 35°30′E / 31.333°LU 35.5°BT / 31.333; 35.5Koordinat: 31°20′N 35°30′E / 31.333°LU 35.5°BT / 31.333; 35.5
Aliran masuk utama Sungai Yordan
Aliran keluar utama tidak ada
Daerah pengumpulan air 41,650 km² (16.080 mil²)
Terletak di negara Yordania
Israel
Panjang maks. 67 km (42 mi)
Lebar maks. 18 km (11 mi)
Luas permukaan 810 km² (310 mil²)
North Basin
Kedalaman rata-rata 118 m (387 kaki)
Kedalaman maks. 378 m (1.240 kaki)
Volume air 147 km3 (35 cu mi)
Panjang tepi danau1 135
Ketinggian permukaan -422 m (-1.385 kaki)
1 Panjang tepi danau tidak begitu jelas definisinya.
Seorang turis sedang membaca koran saat mengapung di Laut Mati
Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania.[1] Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi.[2] Laut mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut.[2]
Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Jordan Riff Valley dimana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air.[2] Garam, kapur dan gypsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.[2]
Danau ini dinamakan laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini.[2] Laut mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia.[3] Kadar garamnya sekitar 32 % dibandingkan terhadap kadar garam rata-rata 3% pada Laut Mediteranian.[2] Sejak dulu material yang terdapat dalam laut mati diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit.[2] Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantuk kesehatan.[2] Hal ini sudah lama diketahui oleh King Salomon, Cleopatra dan Herod the Great sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk memperoleh efek tersebut.[2]

[sunting] Rujukan

  1. ^ (en)G.A Smith, Historical Geography of the Holy Land, 1931, p 499-516
  2. ^ a b c d e f g h i (en)[http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/dead_sea'. Diakses pada 8 Juni 2010.
  3. ^ (en)D Baly, The Geography of the Bible, 1958, p 202-210

[sunting] Pranala luar

Laut Merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Merah memisahkan benua Asia dengan Afrika
Laut Merah (Arab بحر الأحمر Bahrul-Ahmar; Ibrani ים סוף Yam Suf; Tigrinya ቀይሕ ባሕሪ QeyH baHri) adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez. Laut ini di tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan koral.

[sunting] Penamaan

Walaupun sering dikaitkan dengan berbagai cerita di masa lampau, namun sampai abad ke-20, orang Eropa menyebutnya "Teluk Arab", sedangkan Herodotus dan Ptolemeus menyebutnya "Arabicus Sinus". Air Laut Merah sendiri sebenarnya tidak beda dengan air laut yang lain.
Penjelasan-penjelasan ilmiah menyebutkan bahwa warna merah di permukaan muncul akibat Trichodesmium erythraeum yang berkembang. Ada juga yang menjelaskan bahwa namanya berasal dari gunung yang kaya mineral di sekitarnya dan berwarna merah.

[sunting] Fisik

Laut ini muncul karena pemisahan Jazirah Arab dari benua Afrika yang dimulai sekitar 30 juta tahun yang lalu dan masih berlanjut sampai sekarang. Suhu permukaan laut selalu konstan sekitar 21-25°C dengan jarak penglihatan 200 m. Namun, sering terjadi angin kencang dan arus lokal yang membingungkan.

[sunting] Pariwisata

Kota-kota yang terdapat di pesisir Laut Merah antara lain: Jeddah, Sharm el Sheikh, Pelabuhan Sudan, dan Eilat. Pada 1950-an, Hans Haas menemukan Laut Merah sebagai tempat menyelam dan kemudian oleh Jaques-Yves Costeau.

[sunting] Negara yang berbatasan

Negara yang berbatasan dengan Laut Merah adalah:



Laut Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Laut Hitam.
Citra satelit Laut Hitam, diambil oleh NASA MODIS
Morzeczarne1.jpg
Laut Hitam adalah sebuah laut dalam antara Eropa tenggara dan Asia Kecil. Dia terhubungkan dengan Laut Tengah oleh Bosporus dan Laut Marmara, dan Laut Azov oleh Selat Kerch.
Ada masukan air laut melalui Bosporus, 200km³ per tahun. Ada masukan air tawar dari wilayah sekitar, terutama Eropa Tengah dan Timur-Tengah(Asia barat), dengan jumlah total 320&kmsup3; per tahun. Sungai terpenting yang masuk ke Laut Hitam adalah Donau. Laut Hitam memiliki wilayah 422.000 km² dan kedalaman maksimum 2.210 m.
Negara yang berbatasan dengan Laut Hitam adalah Turki, Bulgaria, Romania, Ukraina, Russia, Georgia. Semenanjung Krim adalah Republik Otonomi Ukraina.
Kota penting di pesisir termasuk: Istanbul (dulunya Konstantinopel dan Bizantium), Burgas, Varna, Constanţa, Yalta, Odessa, Sevastopol, Kerch, Novorossiysk, Sochi, Sukhumi, Batumi, Trabzon, Samsun.
  • :)

[sunting] Resort dan spa

Foto Laut Hitam dekat Sochi, diambil pada tahun 1915.

Laut Baltik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Baltik
Laut Baltik terletak di sebelah timur laut benua Eropa. Laut ini dibatasi oleh semenanjung Skandinavia, tanah daratan Eropa Tengah dan Timur serta Denmark. Perairannya mengalir ke Kattegat dan Laut Utara melewati Öresund, Sabuk Besar dan Sabuk Kecil. Selain itu laut Baltik dihubungkan ke Laut Utara dengan terusan Kiel dan dengan Laut Putih dengan terusan Laut Putih.
Dalam bahasa Jerman, laut ini disebut Ostsee yang sebenarnya berarti "laut Timur".

[sunting] Sub-bagian

Bagian utara Laut Baltik dikenal sebagai Teluk Bothnia. Berikutnya ke selatan adalah Laut Åland. Teluk Finlandia menghubungkan Laut Baltik dengan St. Petersburg. Laut Baltik Utara terletak antara Stockholm, Finlandia barat daya, dan Estonia. Gotland Basin Barat dan Timur membentuk bagian utama dari Laut Baltik Tengah. Teluk Riga terletak antara Riga dan Saaremaa. Teluk Gdańsk terletak di timur Semenanjung Hel di pesisir Polandia dan barat Sambia di Oblast Kaliningrad. Teluk Pomerania terletak di utara pula Usedom dan Wolin, timur Rügen. Basin Bornholm adalah wilayah di timur Bornholm dan Basin Arkona meluas dari Bornholm ke pulau Denmark Falster dan Zealand. Antara Falster dan pesisir Jerman terletak Teluk Mecklenburg dan Teluk Lübeck. Bagian paling barat dari Laut Baltik adalah Teluk Kiel. Ketiga Selat Denmark, Sabuk Besar, Sabuk Kecil dan Öresund menghubungkan Laut Baltik dengan teluk Kattegat dan selat Skagerrak di Laut Utara. Tempat pertemuan kedua laut ini di Skagen di ujung utara Denmark adalah sebuah tempat dengan pemandangan indah dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahun.
Termasuk seluruh sub bagiannya, luas total dari Laut Baltik adalah 370.000 km² dan dengan isi sekitar 21.000 km³. [1]
nah,,, segitu dulu ya kapan-kapan ku sambung lagi....i love u all....

danau :)

ini ku punya beberapa danau yang mesti u kunjungi....dijamin okelah
1.Kakaban

From Wikipedia, the free encyclopedia Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Jump to: navigation , search Langsung ke: navigasi , cari
Kakaban island is part of the Derawan Islands , East Kalimantan , Indonesia . Pulau Kakaban adalah bagian dari Kepulauan Derawan , Kalimantan Timur , Indonesia .
The island has an area of 774.2 hectares (1,913 acres) and is quite steep with limestone cliffs covered with dense jungle right down to the water's edge and few beaches. Pulau ini memiliki luas wilayah 774,2 hektar (1.913 hektar) dan cukup curam dengan tebing kapur ditutupi dengan lebat hutan sampai ke tepi air dan beberapa pantai. The wall drops to 180 metres (590 ft) and currents can be strong with upwelling, downcurrent and reversing directions. Dinding turun sampai 180 meter (590 kaki) dan arus dapat menjadi kuat dengan upwelling, downcurrent dan membalikkan arah.
The most distinctive feature is the huge brackish water lake in the middle of the island, in the local dialect Kakaban means "hug" as the island hugs the lake from the surrounding seawater. Fitur yang paling khas adalah danau air payau besar di tengah-tengah pulau, dalam dialek lokal Kakaban artinya "memeluk" sebagai pulau pelukan danau dari air laut sekitarnya.

[ edit ] Jellyfish Lake [ sunting ] Danau Ubur-ubur

One of the non-stinging jellyfish of Kakaban. Salah satu ubur-ubur yang tidak menyengat Kakaban.
In the middle of this island is a mangrove -fringed lake, slightly above sea level, where thousands of non-stinging jellyfish live making it interesting for diving. Di tengah pulau ini adalah mangrove berpohon-danau, sedikit di atas permukaan laut, di mana ribuan ubur-ubur yang tidak menyengat-hidup sehingga menarik untuk menyelam. The jellyfish consist of four different species which have lost their natural defense system because of the lack of major predators in the lake. Ubur-ubur terdiri dari empat spesies yang berbeda yang telah kehilangan sistem pertahanan alami mereka karena kurangnya predator utama di danau. Similar lakes exist in Palau, with Jellyfish Lake being the best known. serupa danau yang ada di Palau, dengan Jellyfish Lake menjadi yang terbaik dikenal.
The lake has warm brackish water and the bottom is covered with marine green algae . Danau ini memiliki air payau hangat dan bawah ditutupi dengan laut ganggang hijau . There are other animals living here, some sea cucumbers , gobies , anemones , tunicates , crustaceans , nudibranchs , orange purple clams and yellow clams on the branches, and snakes . Ada hewan lain tinggal di sini, beberapa teripang , ikan gobi , anemon , tunicates , krustasea , nudibranch , ungu oranye kerang dan kerang kuning pada cabang, dan ular .
The lake is at most 17 metres (56 ft) deep with poor visibility and is 10 minutes walk from the beach. Danau paling besar 17 meter (56 kaki) yang mendalam dengan visibilitas miskin dan 10 menit berjalan kaki dari pantai. Kakaban was probably uplifted during the Holocene and sea water was trapped turning the area and formed a landlocked marine lake. Kakaban mungkin terangkat selama Holosen dan air laut terperangkap balik daerah itu dan membentuk sebuah danau laut yang terkurung daratan. The water is now a mixture of salt water and sweet water from the rain. Air sekarang campuran air asin dan air manis dari hujan.

[ edit ] Barracuda Point [ sunting ] Barracuda Point

This is a steep wall, where the current brings large pelagics like whitetip sharks , leopard sharks , jack , tuna , barracuda , snapper and barracuda . Ini adalah dinding curam, di mana arus membawa besar pelagics seperti hiu ekor putih , hiu macan tutul , jack , tuna , barakuda , kakap dan barakuda . Drift diving can be done with the help of a grab line permanently secured at 24 metres (79 ft) across a relatively flat area on the upcurrent side of the point. Drift diving bisa dilakukan dengan bantuan garis ambil permanen dijamin di 24 meter (79 kaki) di daerah yang relatif datar di sisi upcurrent dari titik tersebut. Currents can be fierce with down currents. Arus dapat sengit dengan arus bawah.

[ edit ] Blue Light Cave [ sunting ] Blue Light Cave

The cave starts at a crack at 2 metres (6 ft 7 in) deep and descends through a narrow chimney . The gua dimulai di sebuah celah di 2 meter (6 kaki 7) dalam dan turun melalui sempit cerobong . At about 21 metres (69 ft) the chimney opens into a large cavern that extends for about 120 metres (390 ft). Pada sekitar 21 meter (69 kaki) cerobong terbuka ke dalam gua besar yang memanjang sekitar 120 meter (390 kaki). The exit is a long vertical crack in the wall at 44 metres (144 ft). keluar adalah celah vertikal yang panjang di dinding di 44 meter (144 kaki). The name of the cave comes from the blue light of the sea which is seen from the cavern. Nama gua berasal dari cahaya biru laut yang dilihat dari gua.